BLOGGER TEMPLATES AND TWITTER BACKGROUNDS »

Rabu, 17 Maret 2010

LisTin9 o9Re niH cuY....

#include "ExampleApplication.h"
class BelajarOgre : public ExampleApplication {
public:
BelajarOgre(){
}
~BelajarOgre(){
}
protected:
void createScene(void){
// menset pencahayaan
mSceneMgr->setAmbientLight( ColourValue( 1, 1, 1 ) );
mSceneMgr->setSkyDome(true, "Examples/CloudySky", 5, 8, 500);
//mSceneMgr utk manage semua semua yg tampil pd screen
mSceneMgr->setAmbientLight(ColourValue(1,1,1));
//Entity ad objek yg bs dirender discene
Entity *ent1 = mSceneMgr->createEntity("Robot","robot.mesh");
Entity *ent2 = mSceneMgr->createEntity("Robot2","robot.mesh");

SceneNode *node1 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode");
SceneNode *node2 = mSceneMgr->getRootSceneNode()->createChildSceneNode("RobotNode2", Vector3(50,-100,0));
//attach entity ke scenenode ut beri lokasi render robot
node1->attachObject(ent1);
node2->attachObject(ent2);
}
};


#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
#define WIN32_LEAN_AND_MEAN
#include "windows.h"
INT WINAPI WinMain(HINSTANCE hInst, HINSTANCE, LPSTR strCmdLine, INT)
#else
int main(int argc, char **argv)
#endif
{
//bikin objek aplikasi
BelajarOgre app;
try {
app.go();
} catch (Exception e) {
#if OGRE_PLATFORM == OGRE_PLATFORM_WIN32
MessageBox(NULL,e.what(),"Terjadi Error!",MB_OK | MB_ICONERROR |MB_TASKMODAL);
#else
fprintf(stderr,"Terjadi Error = %s\n",e.what());
#endif
}
return 0;
}

Senin, 15 Maret 2010

Tu9as minggu keenam ~_~

aPa iTu 9amE engiNe???

Game engine adalah sebuah sistem perangkat lunak yang dirancang untuk penciptaan dan pengembangan video game. Ada banyak mesin permainan yang dirancang untuk bekerja pada konsol permainan video dan sistem operasi desktop seperti Microsoft Windows, Linux, dan Mac OS X. T

sEkiLas tenTan9 9amE en9iNe...

Sebuah game engine memungkinkan penggunaan kembali komponen komponen yang dapat mempercepat hadirnya game menjadi nyata di layar monitor mu. Beberapa diantara nya yang termasuk dengan itu adalah deteksi tubrukan, tampilan grafis, setting dalam game, artificial intelligence dan lain lain. Semua komponen tadi disatukan dalam satu pake game engine. Artist dan Developer, dapat menambahkan pustaka texture dan model sendiri untuk dijadikan tokoh utama atau setting dunia dalam sebuah engine. Sekali lagi dalam analogi game, model dan texture dalam game engine bisa dibilang sebagai body dan aksesoris mobil.

Sebuah game engine dibagi lagi menjadi dua bagian besar. Yaitu API dan SDK. API ( Applicaiton Programming Interfaces ) adalah bagian operating system, services dan libraries yang diperlukan untuk memanfaatkan beberapa feature yang diperlukan. Dalam hal ini contohnya DirectX. Sementara SDK adalah kumpulan dari libraries dan API yang sudah siap digunakan untuk memodifikasi program yang menggunakan operating system dan services yang sama. Biasanya, game engine menyertakan keduanya. Contohnya dalam Unreal Engine, menyiapkan antarmuka baku bagi programmer untuk menciptakan game nya dengan mudah, melalui scripting engine, yang disebut UnrealScript, dan juga libraries, yang berisi model standar dan texture standar dan juga world editor yang disebut sebagai UnrealED.

Tipe - Tipe 9amE engiNe

  • Roll-your-own game engine. Banyak perusahaan game kecil seperti publisher indie biasanya menggunakan engine nya sendiri. Ini berarti mereka menggunakan API seperti XNA, DirectX atau OpenGL untuk membuat game engine mereka sendiri. Disisi lain, mereka kadang menggunakan libraries komersil atau malah open source. Terkadang mereka malah membuat semuanya dari nol.
Biasanya, game engine tipe ini lebih disukai karena selain kemungkinan besar tersedia gratis, juga memperbolehkan mereka, para developer, lebih fleksibel dalam mengintegrasikan komponen yang diinginkan untuk dibentuk sebagai game engine mereka sendiri. Kelemahannya, banyak engine yang dibuat dengan cara semacam ini malah menyerang balik developernya. Menara Games Studio membutuhkan satu tahun penuh untuk menyempurnakan game engine nya, hanya untuk di tulis ulang semuanya dalam beberapa hari penggunaan karena adanya bug kecil yang sangat mengganggu.

  • Mostly-ready game engines. Engine engine ini biasanya sudah menyediakan semuanya begitu diberikan pada developer / programmer. Semuanya termasuk contoh GUI, physiscs, libraries model dan texture, dan segalanya. Banyak dari mereka yang sudah benar benar matang, sehingga dapat langsung digunakan untuk scripting sejak hari pertama.
Biasanya game engine semacam ini memiliki batasan batasan, terutama jika dibandingkan dengan
game engine sebelumnya yang benar benar terbuka lebar. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi terlalu banyak error yang mungkin terjadi setelah sebuah game yang menggunakan engine ini dirilis, dan masih memungkinkan game engine nya itu sendiri untuk mengoptimalkan kinerja game nya. Banyak dari game engine seperti ini, Unreal Engine, Source Engine, id Tech Engine dan sebagainya, yang sudah sangat optimal dibandingkan jika harus membuat dari awal. Hal ini dengan serta merta menyingkat sangat banyak waktu dan jelas, biaya dari para Developer game.

  • Point-and-click engines. Engine untuk point-and-click merupakan engine yang sangat amat dibatasi, tapi dibuat sangat user friendly. Kamu bahkan bisa mulai membuat game mu sendiri menggunakan engine seperti GameMaker, Torque Game Builder dan Unity3D. Dengan sedikit memanfaatkan coding, kamu sudah bisa merilis game point-and-click yang kamu banget.
Kekurangannya terletak pada terbatasnya jenis interaksi yang bisa dilakukan, dan biasanya hal ini mencakup semuanya, mulai dari grafis, hingga tata suara. Tapi bukan berarti game engine jenis ini nggak berguna, bagi developer cerdas dan berdaya kreativitas tinggi, game engine bapuk seperti ini bisa dirubah menjadi sebuah game menyenangkan, seperti Flow. Game engine seperti ini memang ditujukan bagi developer yang ingin menyingkat waktu pemrogramman, dan secepatnya merilis game - game mereka.


jenis - jeNis 9amE enginE diantaraNya :

> FreewaRe game engine,,beberapa conToh dari FreewarE anTara Lain Blender, Golden T Game Engine (GTGE), Ogre, Build Engine, jmonkey Engine (jME), dLL.

>game engine Berbayar,,beberapa contoh dari game engine berbayar antara lain Dunia Engine Euphoria, GameStudio, Jade Engine, RPG Maker XP, dLL.

§

peRbandin9an daRi jEnis gamE enginE (haNya meMbandin9kan 1 conToh dari jenis gamE engine)......


>FreeWare :

Kelebihan dari Golden T Game Engine dianTaraNya :

  1. Penggunaan class-classnya mudah, sehingga ketika kita mendevelop suatu game, kita tidak harus memikirkan misal kita ingin menjalankan suara, tidak usah pusing-pusing sampe pake class-class dasar Java seperti membaca file audio.
  2. Karena berbasis Java yang slogannya “Build once run everywhere”, jadi bisa digunakan untuk banyak platform, seperti : Microsoft Windows, Linux, Mac OS X.
  3. Merupakan high level interface library.
  4. Udah support OPENGL.

>komeRsiaL / berBayar :

kELebihan daRi Engine 3D diantaRanya :


Kamis, 04 Maret 2010

tu9as min99u keTi9a ~_~

skenario 9amE sHo0tin9


Beberapa tahun lalu, pada masa jaya ada sebuah game tembak - tembakan yang cukup unik pada saat itu. game berjudul Duck Hunt yang memperlihatkan beberapa bebek yang terbang berlintasan di atas pepohonan, dan anda harus menembak mereka dengan menggunakan pistol infra merah yang sudah ada pada game tersebut. interaksi yang unik ini merupakan inovasi yang benar - benar menarik minat para gamer untuk memainkannya.

selain itu, sekarang game tipe shooting sudah berkembang luas dengan berbagai jenis permainan dan grafik yang memukau. mulai first person shooter (FPS) yang dinamis seperti, seri half life hingga ke shooting arcade yang bertempo cepat seperti time crisis.

pada game kali ini kita akan mengambil konsep utama dimana kita akan mengincar gagak - gagak yang terbang dengan kecepatan berbeda dalam waktu yang ditentukan. bila kita berhasil menembak jatuh gagak sesuai ketentuan ditiap levelnya, maka kita akan melanjutkan ke level berikutnya.


Rabu, 24 Februari 2010

Tu9as min99u kEdua ~_~

apa iTu 9amE tekn0L09i????

Perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap perkembangan game. Teknologi Game adalah salah satu dari sekian banyak disiplin ilmu yang berkembang pesat seiring dengan berkembangnya Teknologi Informasi Komputer. Teknologi Game merupakan sebuah media yang memiliki berbagai fitur unggulan yang dapat dengan mudah diterima diberbagai kalangan. Terlebih karena game biasanya juga mengusung pemanfaatan teknologi multimedia dan interaktivitas yang membuat pengguna memiliki peran aktif, membuatnya memiliki daya tarik yang lebih tinggi dibandingkan media-media lain yang menawarkan peran pasif bagi penggunanya.


Tahap - Tahap pembuatan 9amE diantaranya........
  1. Tentukan Genre Game
Pertama pikirkan jenis game yang ingin Anda bikin, apakah berjenis, RPG(Role Playing Game) seperti harvest moon, FPS(First Person Shooter) seperti Counter Strike, SPS(Second Person Shooter) seperti 25 To Life, Arcade seperti Riden, Fighting seperti Street Fighter, Racing seperti Need For Speed, atau RTS(Real Time Strategy) seperti Age Of Empire. Disarankan pilihlah jenis game yang sesuai dengan kemampuan yang Anda miliki ,mudah dan cepat dalam pembuatannya.

2. Tentukan Tool yang ingin digunakan

Ini bagian yang terpenting, dengan apakah Anda ingin membuat game tersebut, biasanya game dibuat dengan bahasa pemograman, jika Anda adalah seorang programer maka Anda bisa membuat game dengan bahasa pemograman yang Anda kuasai, tetapi jika Anda adalah orang yang belum begitu menguasai atau sama sekali tidak mengetahui tentang dunia pemograman maka jangan berkecil hati dan jangan menganggap bahwa membuat game dizaman sekarang masih susah, banyak sekali software yang khusus dibuat untuk membuat game dengan genre tertentu, ada software yang menggunakan bahasa pemograman dalam pembuatan game atau sama sekali tidak membutuhkan pemograman dalam pembuatannya, sehingga Anda hanya perlu menggunakan mouse untuk mengatur jalannya game, karakter jagoan, musuh dan beberapa komponen game lainnya, software untuk membuat game sangat membantu Anda dalam membuat sebuah game.

3. Tentukan gameplay game

Gameplay adalah sistem jalannya game tersebut, mulai dari menu, area permainan, save, load, game over, story line, misiion sukses, mission failed, cara bermain dan sistem lainnya harus Anda tentukan, misal dalam sistem save Anda hanya akan membuat pemain bisa mensave permainan jika jagoannya sudah menuju kesebuah lokasi, kemudian ketika meload karakter jagoan akan kembali ketempat area save, atau ketika dalam menu pemain hanya akan mendapat pilihan menu play game, load game, credit dan quit, atau Anda ingin membuat game yang bercerita tentang seorang mahasiswa yang terlibat dalam perang antar geng jalanan dan mencoba untuk keluar dari permasalahan tersebut. Semua sistem yang digunakan dalam game disebut dengan gameplay. Sebisa mungkin buatlah gameplay game Anda enak untuk dimainkan dan tidak menyulitkan pemain sehingga pemain akan nyaman ketika memainkan game Anda

4. Tentukan grafis yang ingin digunakan

Jenis grafis secara sederhana dapat dibagi menjadi tiga jenis yaitu jenis kartun, semi realis, atau realis. Pilih jenis grafis yang sesuai dengan kebutuhan game Anda dan sesuai dengan kemampuan Anda, kemudian pilih software apa yang ingin Anda gunakan dalam membuat gambarnya, pilihlah yang Anda anggap paling mudah digunakan

5. Tentukan suara yang ingin digunakan

Tanpa suara akan membuat game Anda kehilangan nilainya, karena itulah pilih suara yang ingin digunakan dalam permainan. Pilihan suara bisa Anda bagi-bagi menjadi beberapa bagian seperti bagian main menu, save menu, load menu, shoot, dead, mission sukses, mission failed, loading dan bagian-bagian lainnya, pemilihan suara yang digunakan harus seirama dengan bagiannya, misal untuk bagian mission failed tidak cocok jika menggunakan musik yang bersemangat, haruslah musik yang mengandung kesedihan untuk didengar sehingga akan membuat pemain makin sedih ketika jagoannya kalah. Kemudian pilih software yang ingin Anda gunakan untuk membuat atau mengedit suara yang akan digunakan dalam game

6. Lakukan perencanaan waktu

Dengan perencanaan waktu akan membuat Anda makin bebas melakukan hal lainnya karena perasaan Anda tidak lagi terganggu dengan game yang belum selesai dibuat, kemudian ketika waktu pembuatan game sudah tiba Anda akan membuat game sesuai dengan urutan waktu yang sudah Anda tentukan sehingga Anda tidak bingung bagian game mana yang belum selesai dikerjakan dan yang sudah selesai dikerjakan. Perencanaan waktu pembuatan sangat baik untuk dilakukan

7. Proses pembuatan

Yang terakhir lakukan pembuatan game karena semua komponen yang Anda perlukan sudah disiapkan dari awal, lakukan proses pembuatan berdasarkan waktu yang sudah ditentukan, tidak ada salahnya Anda meminta pertolongan orang lain sehingga akan mempercepat proses pembuatan game Anda.

8. Lakukan publishing

Ketika Anda sudah selesai membuat sebuah game, publish game Anda menjadi setup jika game Anda harus diinstal terlebih dahulu sebelum dimainkan atau publish menjadi exe jika game Anda bisa langsung dimainkan tanpa harus menginstalnya terlebih dahulu, metode mempublish tergantung dengan tool yang Anda gunakan untuk membuat game


tEkn0L09i yan9 di9unakan daLam mEn9HasiLkan sEbuaH 9amE
Dalam pembuatan suatu game dapat menggunakan banyak bahasa pemrograman. Ada beberapa bahasa yang memang sudah umum dan teruji digunakan dalam membuat game. Seperti C++ dan Flash. Dilihat dari kemampuannya, keduanya memang sangat berbeda dan tujuan penggunaannya pun berbeda pula. Tapi kedua bahasa ini sangat umum digunakan sekarang untuk membuat game. Biasanya C++ digunakan dalam pembuatan game komersil, Sementara hampir semua game casual dan berbasis web menggunakan Flash. Selain dari keduanya masih ada bahasa lain, seperti Darkbasic, Blitz, Lite-C untuk 3DGamestudio, LUA, Phyton, C#, dan bahasa lain yang berorientasi untuk game.

pR0fEsi daLam pEmbuaTan 9amE...

Jenis profesi dalam membuat game terbagi atas :

a. Game 2D. Dalam membuat game 2D, profesi dalam pembuatannya antara lain :

1. Programmer. Orang yang membuat dasar game dengan bahasa pemrograman

2. Graphic Design. Orang yang membuat design yang akan digunakan dalam sebuah game

3. Music Composer. Orang yang mengatur sound atau suara dalam sebuah game


b. Game 3D. Dalam mebuat game 3D, profesi dalam pembuatannya antara lain :

1. Programmer.

2. Texture maker. Orang yang membuat background atau pemandangan atau tata ruang dari suatu game.

3. 3D modeler. Orang yang membuat objek-objek 3D dalam sebuah game.

4. Music composer.

5. Koreografer. Orang yang mengatur objek yang ada dalam sebuah game.

6. Storyboard maker. Orang yang membuat storyboard atau skenario dari sebuah game.

7. Publisher. Orang yang mempublish sebuah game.


sumbEr :

http://bahaskomputer.blogspot.com/2009/05/tahap-pembuatan-game.html

http://thommykennedy.wordpress.com/2009/07/29/mari-membuat-game/”>

http://thetoyzareboyz.blogspot.com/2010/02/game-teknologi.html



Minggu, 14 Februari 2010

tu9aS min99u peRtaMa ~_~

aPa iTu 9amE.....????

PERMAINAN/GAME adalah permainan yang dimainkan seseorang mungkin berubah dari masa ke masa, tetapi yang terpenting adalah kepuasan dan keasyikan yang didapatkan selama bermain.

Tidaklah mengherankan, jika kemudian game online menjadi fenomenal pada era Internet saat ini, tetapi tidak seperti Internet yang booming dalam waktu singkat, game telah melewati sejarah perjalanan yang cukup panjang.

Pada sebuah game online, Internet adalah sebuah fasilitas yang memungkinkan kita bermain pada jaluar protokol yang digunakan Internet, walau game online tidak selalu berarti game yang dapat dimainkan secara multi player, tetapi umumnya game online dengan skala yang cukup besar mendukung permainan multiplayer, yang menjadi merupakan salah satu factor kepopuleran game online.

Dengan bermain multiplayer secara online, Anda tidak perlu takut “pertarungan” pada game online dapat berlanjut pada kehidupan nyata karena mungkin musuh Anda berada di benua lain.

Anda tentu telah mengenal game komputer jauh hari sebelum Anda mengenalbrowser, e-mail, atau modem berkecepatan 28,8 Kbps Anda, yang mungkin saat ini telah menjadi penghuni abadi gudang belakang rumah tetangga yang tidak dihuni lagi.

Game-game komputer tempo dulu merupakan nenek moyang game online saat ini, misalnya tipe game online yang bertema fi rst person shooter seperti Counter Strike sebenarnya sudah dikenal sejak tahun 1992 saat game Wolfenstein 3D dirilis. Tidak sedikit game-game yang sukses di era tahun 1980-an atau 1990-an diciptakan ulang dengan versi game online, misalnya Pac-Man, Frogger, dan lain-lain.

Game online memang sejak beberapa tahun yang lalu telah diyakini oleh banyak pihak akan mengalami kemajuan yang pesat.game online pertama kali muncul dengan game - game simulasi perang maupun pesawat yang dipakai untuk kepentingan militer. game - game tersebut muncul dan kemudian menginspirasi game - game yang lain muncul dan berkembang. pada tahun 2001 muncullah puncak dari demam dotcom, sehingga penyebaran pada game online tersebut semakin cepat. industri game yang masih berdiri kokoh sampai hati ini memegang dua pasar yaitu video game dan game komputer. dan tak diragukan, game komputer memang lebih banyak item judulnya karena dengan perangkat standar hampir semua game produksi pihak ketiga bisa dimainkan pc. sedangkan untuk pasar video game, didominasi oleh pemilik standar dengan playstation, microsoft dengan xbox 360, dan Nintendo. yang menarik game komputer telah berkembang ke arah network multimedia game, di mana banyak pemain lokasi yang saling berjauhan berinteraksi satu sama lain secara real time dalam satu jaringan komputer.contoh lainnya adalah Counter Strike sebuah game 3D multiplayer mengambil tema simulasi taktik pertempuran.

    maKna daRi 9amE onLine!!!!!!
game online bukan hanya mempengaruhi kehidupan social tetapi juga mempengaruhi kehidupan kejiwaan. anak - anak bahkan yang suka kecanduan bermain game seringkali membolos agar bisa berpetualang dalam dunia maya. akan tetapi dari segi bisnis, game online masih memiliki kualitas yang bagus. dengan game online, orang - orang bisa menciptakan lapangan kerja seperti game center, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran.

kLasiFikasi daRi 9amE onLine iTu sEndiRi ~_~

First Person Shooter(FPS), sesuai judulnya game ini mengambil pandangan orang pertama pada gamenya sehingga seolah-olah kita sendiri yang berada dalam game tersebut, kebanyakan game ini mengambil setting peperangan dengan senjata-senjata militer (di indonesia game jenis ini sering disebut game tembak-tembakan).
Real Time Strategy, merupakan game yang permainannya menekankan kepada kehebatan strategi pemainnya, biasanya pemain memainkan tidak hanya 1 karakter saja akan tetapi banyak karakter.
Cross-Platform Online, merupakan game yang dapat dimainkan secara online dengan hardware yang berbeda misalnya saja need for speed undercover dapat dimainkan secara online dari PC maupun Xbox 360(Xbox 360 merupakan hardware/console game yang memiliki konektivitas ke internet sehingga dapat bermain secara online).
Browser Games, merupakan game yang dimainkan pada browser seperti Firefox, Opera, IE. Syarat dimana sebuah browser dapat memainkan game ini adalah browser sudah mendukung javascript, php, maupun flash.
Massive Multiplayer Online Games, adalah game dimana pemain bermain dalam dunia yang skalanya besar (>100 pemain), setiap pemain dapat berinteraksi langsung seperti halnya dunia nyata

sumbEr :

http://www.pcmedia.co.id
http://www.google.co.id/

Sabtu, 09 Januari 2010

Tu9aS soFtskiLL (kebuDayaan Daerah SumaTera Barat)

penjelasan mengenai cara mengambil foto dan video yang ada dibawah.
yang perlu diperhatikan dalam pengambilan foto dan video yaitu sebuah kamera digital dan sebuah hanycam yang dilengkapi dengan fitur merekam video. Untuk kasus kali ini saya menggunakan sebuah camera dengan resolusi gambar sebesar 7 MegaPixel yang dapat dilihat seperti berikut.



saat kita mengambil suatu gambar atau video,aturlah pada pengaturan kamera digital. Kka kita sedang mengambil gambar ataupun video, janganlah objek yang ingin kita ambil membelakangi sumber cahaya karena nanti hasil yang diperoleh objek tersebut akan berwarna hitam (gelap). Jadi pada saat kita mengambil gambar ataupun video, objek yang ingin kita ambil haruslah menghadap ke suatu sumber cahaya yang mana sumber cahaya tersebut terdapat di bagian dimana kamera atau handycam kita berada. Satu hal lagi yang perlu di perhatikan yaitu pada saat kita mengambil gambar, tangan kita haruslah diam atau tidak bergerak (goyang). Terlebih lagi jika di dalam kamera tersebut tidak dilengkapi dengan fitur Autofokus. Hal ini akan mengakibatkan hasil gambar yang kita peroleh jadi berbayang dan kurang bagus.



berikut adalah hasil foto dari kelompok kami.






pEnjELasan mEn9Enai paKaiaN daRi sumaTera baRat

Sulaman Indah Naras adalah sulaman benang emas dari Naras di kota Pariaman, Sumatera Barat. Pakaian ini biasanya dipakai untuk kerperluan acara perkawinan.

Bila ingin mencari pakaiain ini silahkan datang ke Naras, Pariaman, Sumatera Barat. Harganya pun bervariasi antara 2 juta sampai puluhan juta , tergantung model dan tingkat kesulitannya.

Warna umum yang dipakai pada pakaian ini adalah : Merah, Kuning, Hitam Hijau dan warna-warna pendukung lainnya tetapi dengan persentase yang kecil.

tu9aS softsKiLL

iNi adaLah HasiL viDeo dari kELomp0k kami


Dynamic Blinkie Text Generator at TextSpace.net